Kesetimbangan Dissosiasi

         Blog KoKim - Tahukah kalian, apa kesetimbangan dissosiasi itu? Kesetimbangan dissosiasi adalah reaksi kesetimbangan dari reaksi penguraian gas. KC merupakan tetapan kesetimbangan molaritas, [A] dan [B], merupakan molaritas gas A dan gas B. Dalam buku lain juga menyebutkan istilah kesetimbangan dissosiasi sama dengan derajat dissosiasi, dimana maksudnya sama saja hanya perbedaan penyebutannya.

         Dalam persamaan reaksi kesetimbangan, harus diketahui dengan pasti berapa molaritas zat-zat setelah tercapai keadaan setimbang. Reaksi penguraian gas tidak pernah habis. Oleh karena itu, gas yang terurai dalam keadaan setimbang mempunyai harga yang menyatakan bagian yang terdisosiasi. Harga ini dikenal dengan istilah derajat disosiasi atau derajat peruraian. Derajat disosiasi didefinisikan sebagai banyaknya bagian yang terurai dibagi dengan bagian mula-mula dan mempunyai simbol $\alpha$ . Secara matematika dapat dituliskan sebagai berikut:

Contoh soal 1:
Dalam reaksi disosiasi N$_2$O$_4$ berdasarkan persamaan reaksi:
$ N_2O_4(g) \rightleftharpoons 2 NO_2(g) $
banyaknya mol N$_2$O$_4$ dan NO$_2$ pada keadaan setimbang adalah sama. Pada keadaan ini, berapakah harga derajat disosiasinya?
Jawab:
*). Misalkan pada keadaan setimbang mol N$_2$O$_4$ = mol NO$_2$ = 2 mol
*). Pada produk NO$_2$, mol zat sisa = mol zat yang bereaksi = 2 mol
*). Perbandingan mol = perbandingan koefisien
$\begin{align} \text{Mol } N_2O_4 \, \text{ yang bereaksi } & = \frac{koefisien \, N_2O_4}{koefisien \, NO_2} \times mol \, NO_2 \\ & = \frac{1}{2} \times 2 \\ & = 1 \, mol \end{align} $
*). Mol N$_2$O$_4$(g) sisa = mol N$_2$O$_4$(g) mula-mula $ - $ mol N$_2$O$_4$(g) bereaksi atau
Mol N$_2$O$_4$(g) mula-mula = mol N$_2$O$_4$(g) sisa + mol N$_2$O$_4$(g) bereaksi = 2 + 1 = 3 mol

Contoh soal 2:
Pada reaksi kesetimbangan:
$PCl_5(g) \rightleftharpoons PCl_3(g) + Cl_2(g) $
bila dalam ruang 2 liter, 8 mol gas PCl$_5$ berdisosiasi 75%, tentukan besarnya harga tetapan kesetimbangan konsentrasi (Kc)!
Jawab:

       Demikian pembahasan materi Kesetimbangan Dissosiasi dan contoh-contohnya. Silahkan juga baca materi lain yang berkaitan dengan faktor-faktor yang mempengaruhi kesetimbangan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.