Tatanama Senyawa Asam Karboksilat

         Blog KoKim - Senyawa Asam karboksilat adalah senyawa karbon dengan gugus fungsi -COOH yang disebut gugus karboksil. Gugus karboksil merupakan gabungan gugus karbonil (C = O) dan gugus hidroksil (-OH). Asam karboksilat merupakan senyawa karbon yang benar-benar menunjukkan derajat keasaman yang cukup besar. Dengan rumus struktur asam karboksilat adalah sebagai berikut:
dimana R adalah gugus alkil.

Perhatikan rumus struktur beberapa senyawa asam karboksilat pada tabel berikut ini:
Berdasarkan tabel di atas terlihat jelas bahwa perbandingan atom C : H : O selalu 1 : 2 : 2, maka rumus umum asam karboksilat (asam alkanoat) adalah: $ C_nH_{2n}O_2$.

Golongan senyawa ini paling awal diselidiki oleh para ilmuwan kimia karena banyak terdapat di alam. Beberapa asam karboksilat biasa yang penting tercantum pada tabel berikut:

       Pada pembahasan senyawa asam karboksilat ini, yang akan dibahas meliputi: tatanama senyawa asam karbosilat, sifat-sifat senyawa asam karboksilat, pembuatan senyawa asam karboksilat, kegunaan asam karboksilat dalam kehidupan sehari-hari, serta keisomeran senyawa asam karboksilat. Mari kita bahas satu per satu, dan pelajari dengan seksama.

Tatanama Senyawa Asam Karboksilat
Penamaan senyawa asam karboksilat ada dua cara yaitu penamaan dengan system IUPAC dan penamaan secara trivial atau nama lazim.
$\clubsuit \, $ Menurut sistem IUPAC, penataan nama asam karboksilat diturunkan dari nama alkana, di mana akhiran -a diganti -oat dan ditambah kata asam sehingga asam karboksilat digolongkan sebagai alkanoat.
Contoh:

$\clubsuit \, $ Menurut system trivial atau nama lazim, tatanama senyawa asam karboksilat umumnya diambil dari bahasa latin berdasarkan nama sumbernya dialam.
Contoh:
*). Asam format (formica, artinya semut) diperoleh melalui distilasi semut,
*). Asam asetat (acetum, artinya cuka) dari hasil distilasi cuka,
*). Asam butirat (butyrum, kelapa) ditemukan dalam santan kelapa, dan
*). Asam kaproat (caper, domba) diperoleh dari lemak domba.

Beberapa nama asam karboksilat secara IUPAC dan Trivial ditunjukkan pada tabel berikut ini:

       Pemberian nomor atom karbon pada asam karboksilat menurut system IUPAC dimulai dari atom karbon gugus karbonil dengan angka 1,2,3, dan seterusnya. Adapun trivial menggunakan huruf unani, seperti: $\alpha , \, \beta , \, $ dan $ \gamma $ dimulai dari atom karbon nomor 2 dari sistem IUPAC. Contoh penataan nama asam karboksilat:
Untuk gugus karboksil yang terikat langsung pada gugus siklik, penataan nama dimulai dari nama senyawa siklik diakhiri dengan nama karboksilat, seperti ditunjukkan berikut ini:

       Suatu asam karboksilat dapat memiliki dua gugus fungsi -COOH, dikenal sebagai dikarboksilat. Senyawa-senyawa tersebut diisolasi dari bahan alam. Asam tartrat misalnya, adalah hasil samping fermentasi anggur; asam suksinat, asam fumarat, asam malat, dan oksalo asetat adalah zat antara dalam metabolisme karbohidrat di dalam sistem sel. Beberapa asam dikarboksilat ditunjukkan pada berikut:

Beberapa asam trikarboksilat juga dikenal dan berperan penting dalam metabolisme karbohidrat. Contoh senyawa kelompok ini adalah asam sitrat. Rumus strukturnya seperti berikut:

       Demikian pembahasan materi Tatanama Senyawa Asam Karboksilat dan contoh-contohnya. Silahkan juga baca materi lain yang berkaitan asam karboksilat yaitu sifat-sifat senyawa asam karboksilat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.