Penerapan Hukum Avogadro

         Blog KoKim - Berdasarkan Hipotesis Avogadro diketahui bahwa perbandingan volume gas dalam suatu reaksi sesuai dengan koefisien reaksi gas-gas tersebut. Dengan demikian, jika volume salah satu gas diketahui, volume gas yang lain dapat ditentukan dengan cara membandingkan koefisien reaksinya. Dimana "Pada suhu dan tekanan yang sama, semua gas dengan volume yang sama akan mengandung jumlah molekul yang sama pula." Sebenarnya materi ini sudah kita bahas sebelumnya secara lebih lengkap yaitu pada artikel "Hipotesis Avogadro", silahkan baca kembali untuk penjelasan yang lebih mendetail. Sementari pada artikel ini, kita hanya akan membahas Penerapan Hukum Avogadro pada soal.

Hukum Avogadro dapat dituliskan :

Contoh Soal :
Pada suhu dan tekanan yang sama, 10 molekul gas hidrogen klorida diperoleh dari reaksi antara gas hidrogen dan gas klorin. Berapakah jumlah molekul gas tersebut?

Penyelesaian :
*). Persamaan reaksi yang sudah setara :
$ H_2(g) + Cl_2(g) \rightarrow 2HCl(g) $
*). Perbandingan koefisiennya :
$ H_2 : Cl_2 : HCl = 1 : 1 : 2 $
*). Menentukan Jumlah molekul $ H_2 $ :
$ \begin{align} \text{perbandingan jumlah molekul } & = \text{ perbandingan koefisien} \\ \frac{\text{jml molekul } H_2}{\text{jml molekul } HCl} & = \frac{koef. \, H_2}{koef. \, HCl} \\ \frac{\text{jml molekul } H_2}{10} & = \frac{1}{2} \\ \text{jml molekul } H_2 & = \frac{1}{2} \times 10 = 5 \\ \end{align} $
*). Menentukan Jumlah molekul $ Cl_2 $ :
$ \begin{align} \text{perbandingan jumlah molekul } & = \text{ perbandingan koefisien} \\ \frac{\text{jml molekul } Cl_2}{\text{jml molekul } HCl} & = \frac{koef. \, Cl_2}{koef. \, HCl} \\ \frac{\text{jml molekul } Cl_2}{10} & = \frac{1}{2} \\ \text{jml molekul } Cl_2 & = \frac{1}{2} \times 10 = 5 \\ \end{align} $
Sehingga jumlah molekul gas hidrogen adalah 5 molekul, jumlah molekul gas klorin adalah 5 molekul.

*). Atau bisa juga langsung menggunakan perbandingan bentuk sederhananya,
Perbandingan volumenya : $ H_2 : Cl_2 : HCl = 1 : 1 : 2 $
agar diperoleh jumlah molekul $ HCl = 10, \, $ maka perbandingan awal semuanya di kalikan 5, sehingga kita peroleh :
$ H_2 : Cl_2 : HCl = 1 \times 5 : 1 \times 5 : 2 \times 5 = 5 : 5 : 10 $
Artinya juga kita peroleh jumlah molekul gas hidrogen adalah 5 molekul, jumlah molekul gas klorin adalah 5 molekul.

       Demikian pembahasan materi Penerapan Hukum Avogadro dan contohnya. Silahkan juga baca materi lain yang berkaitan dengan perhitungan kimia lainnya yaitu konsep mol.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.