Kelarutan Secara Umum

         Blog KoKim - Pada artikel ini kita akan membahasa materi terkait kelarutan dengan judul artikel Kelarutan Secara Umum. Pernahkah kalian melarutkan garam dapur ke dalam air? Ketika kita melarutkan satu sendok garam dapur ke dalam satu gelas air, maka garam tersebut akan larut. Bagaimana jika ditambahkan garam dapur lebih banyak lagi? Apakah garam dapur tersebut dapat larut juga?

         Di dalam air, garam dapur (NaCl) melarut dan terdisosiasi menjadi ion-ionnya (Na$^+$ dan Cl$^-$). Penambahan kristal garam dapur lebih lanjut akan menyebabkan molaritas ion-ionnya dalam larutan semakin tinggi.

         Tahukah kalian, apakah kelarutan itu? Kelarutan menyatakan jumlah maksimum zat yang dapat larut dalam jumlah tertentu larutan atau pelarut. Kelarutan disimbolkan "s". Kelarutan suatu zat bisa juga dinyatakan sebagai massa dalam gram yang dapat melarut dalam 100 gram pelarut membentuk larutan jenuh pada suhu tertentu atau mol per liter larutan.

         Jika kita melarutkan garam, misal AgCl, kita akan memperoleh larutan garam AgCl. Bagaimana jika kita menambahkan AgCl secara terus-menerus? Apa yang terjadi? Penambahan AgCl secara terus-menerus akan membuat larutan menjadi dalam keadaan jenuh. Seperti yang kita ketahui, di dalam air, larutan AgCl melarut dan terdisosiasi menjadi ion-ionnya, yaitu Ag$^+$ dan Cl$^-$. Penambahan lebih lanjut akan mengakibatkan molaritas ion Ag$^+$ dan Cl$^-$ menjadi semakin tinggi, akibatnya larutan menjadi jenuh. Setelah mencapai keadaan jenuh ternyata tetap terjadi proses melarut, tetapi pada saat yang sama terjadi pula proses pengkristalan dengan laju yang sama. Dengan kata lain, dalam keadaan jenuh terdapat kesetimbangan antara zat padat tidak larut dengan larutannya.

Kalian telah belajar materi kelarutan di artikel sebelumnya. Masih ingatkah kalian faktor-faktor yang mempengaruhi kelarutan? Salah satunya adalah suhu. Perhatikan gambar berikut:
Gambar: kelarutan beberapa zat pada suhu tertentu

         Pada gambar terlihat bahwa semakin tinggi suhu larutan, maka kelarutan suatu zat semakin besar. Misal suatu zat padat dilarutkan dalam air yang suhunya dinaikan, maka kelarutan zat padat tersebut semakin tinggi. Hal ini dikarenakan molekul zat padat menjadi renggang sehingga gaya antarmolekulnya kecil. Bagaimana kelarutan gas dalam air? Jika suhu dinaikan, maka kelarutan gas dalam air berkurang. Hal ini dikarenakan gas yang terlarut dalam air akan menguap jika suhu dinaikan.

Adapun submateri yang terkait dengan Kelarutan yang akan kita bahas yaitu :
*). hasil kali kelarutan (Ksp)
*). hubungan Ksp dengan kelarutan
*). reaksi pengendapan
*). kelarutan garam dalam air
*). pengaruh ion senama pada kelarutan suatu zat.

       Demikian pembahasan materi Kelarutan Secara Umum dan contohnya. Untuk mempelajari secara lebih mendalam materi kelarutan ini, sebaiknya teman-teman mengikuti link submaterinya di atas, atau bisa langsung membaca materi pada artikel terkait di bagian bawah setiap bacaan. Semoga bermanfaat. Terima kasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.