Derajat Dissosiasi Asam Basa

         Blog KoKim - Kita lanjutkan pembahasan asam basa yaitu tentang Derajat Dissosiasi ($\alpha$) Asam Basa. Dalam larutan elektrolit kuat, zat-zat elektrolit terurai seluruhnya menjadi ion-ionnya (ionisasi sempurna) dan dalam larutan elektrolit lemah, zat-zat elektrolit hanya sebagian saja yang terurai menjadi ion-ionnya (ionisasi sebagian). Sedangkan zat-zat nonelektrolit dalam larutan tidak terurai menjadi ion-ion.

Berikut ini, beberapa contoh reaksi ionisasi untuk elektrolit kuat.
$HCl + H2O \rightarrow H_3O^+(aq) + Cl^-(aq) $
$H_2SO_4 + H_2O \rightarrow 2H_3O^+(aq) + SO_4^{2-} (aq)$
$NaOH + H_2O \rightarrow Na^+(aq) + OH^- (aq) $
$ Ca(OH)_2 + H_2O \rightarrow Ca^{2+}(aq) + 2OH^-(aq)$

       Jumlah zat elektrolit yang terionisasi dibandingkan dengan jumlah zat semula dapat dinyatakan dengan derajat disosiasi ($\alpha$) dan ditulis dengan rumus berikut ini. Berdasarkan rumus, maka nilai $\alpha$ untuk:

Keterangan nilai $ \alpha $ :
1. Elektrolit kuat, $ \alpha = 1 $
2. Elektrolit lemah, $ 0 < \alpha < 1 $
3. Non-elektrolit, $ \alpha = 0 $

       Suatu asam atau basa yang merupakan suatu elektrolit kuat disebut asam atau basa kuat. Dengan demikian jika asam merupakan elektrolit lemah, maka ia merupakan asam lemah, karena hanya mengandung sedikit ion H$^+$, demikian juga dengan basa lemah akan terdapat sedikit ion -OH.

       Demikian pembahasan materi Derajat Dissosiasi ($\alpha$) Asam Basa . Silahkan juga baca materi lain yang berkaitan dengan Tetapan Kesetimbangan Air ($K_w$).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.