Unsur-unsur Radioaktif

         Blog KoKim - Dengan semakin pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, unsur radioaktif semakin banyak dimanfaatkan untuk menunjang kehidupan manusia. Penemuan bibit unggul, terapi kanker, PLTN dan berbagai penelitian telah banyak memanfaatkan unsur radioaktif baik sebagai sumber radiasi maupun sebagai perunut. Reaksi inti dari unsur-unsur radioaktif dapat menghasilkan energi yang sangat dahsyat yang dapat dikendalikan dalam reaktor atom. Reaksi inti radioaktif yang tidak terkendali dapat menimbulkan bahaya dan kerusakan di muka bumi serta mengancam kehidupan.

         Pada akhir perang dunia kedua, Amerika Serikat menjatuhkan bom atom di Hirosima dan Nagasaki yang menyebabkan ratusan ribu penduduk meninggal seketika, dua kota di Jepang tersebut hancur oleh panas yang mencapai 3000 $^\circ$C. Dewasa ini banyak negara-negara yang memiliki instalasi nuklir dan membuat senjata nuklir yang mencemaskan umat manusia. Akan tetapi kemajuan di bidang IPTEK (Ilmu Pengetahuan dan Teknologi) khususnya nuklir yang disertai IMTAQ (Iman dan Taqwa) akan memanfaatkan energi nuklir untuk kesejahteraan umat manusia.
Sumber: Microsoft Student,2006

         Reaktor nuklir digunakan untuk mengendalikan reaksi nuklir. Tenaga nuklir dapat dimanfaatkan sebagai sumber energi. Reaksi nuklir merupakan reaksi dari unsur radioaktif. Dan tahukah teman-teman, bagaimana para arkeolog memperkirakan usia tulang belulang organisme yang pernah hidup? Para arkeolog menggunakan teknik penanggalan radioaktif karbon 14 untuk memperkirakan usia sisa tulang-tulang organisme yang pernah hidup.Apakah unsur radioaktif itu? Bagaimana sifat-sifat unsur radioaktif? Dan apa saja kegunaannya?

         Pada artikel kali ini akan membahas mengenai unsur radioaktif secara lengkap yang akan kita bagi-bagi lagi menjadi beberapa submateri. Berikut sub materi berkaitan dengan materi unsur-unsur radioaktif yaitu :
*). Penemuan Unsur Radioaktif
*). Sifat-sifat Sinar Radioaktif
*). Sifat Fisika dan Kimia Unsur Radioaktif
*). Deret Keradioaktifan
*). Kecepatan Peluruhan dan Waktu Paruh
*). Reaksi pada Inti atau reaksi nuklir
*). Pita Kestabilan
*). Kegunaan Unsur Radioaktif
*). Bahaya Unsur Radioaktif
*). Pengaruh Radiasi terhadap Makhluk Hidup.

       Demikian pembahasan materi Unsur-unsur Radioaktif secara umum. Silahkan teman-teman ikuti link pembahasan submateri unsur-unsur radioaktif di atas. Semoga bermanfaat. Terima kasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.