Unsur-unsur Golongan Utama

         Blog KoKim - Tahukah teman-teman, bahan yang digunakan untuk membuat pupuk buatan? Pupuk buatan dapat dibuat dari amonium nitrat, yang merupakan senyawaan dari unsur nitrogen. Unsur nitrogen tergolong unsur utama. Unsur-unsur apa saja yang termasuk unsur utama? Bagaimana sifat dan kelimpahan unsur-unsur utama? Dan apakah manfaat dari unsur-unsur utama itu dalam kehidupan sehari-hari?
Sumber: Tempo, Edisi 14 - 20 Mei 2007

         Jumlah unsur banyak sekali, baik yang alamiah maupun yang buatan. Unsur-unsur tersebut disusun dalam tabel periodik. Unsur-unsur tersebut dikelompokkan dalam kolom-kolom yang disebut dengan golongan dan dalam baris yang disebut periode. Secara garis besar unsur-unsur tersebut dibedakan atas unsur-unsur utama dan unsur-unsur transisi. Pada artikel ini kita akan mempelajari unsur-unsur golongan utama.

         Unsur-unsur utama ini meliputi golongan A (yaitu golongan IA sampai golongan VIIIA). Golongan IA disebut golongan alkali, IIA disebut golongan alkali tanah, golongan VIIA disebut golongan gas halogen, dan VIIIA disebut golongan gas mulia. Adapun hal-hal yang akan dibahas secara lebih rinci pada unsur golongan utama ini meliputi:
Sifat fisika
Sifat kimia
Kelimpahan Unsur-Unsur Utama di Alam
Pembuatan Unsur dan Senyawa
Kegunaan Unsur dan Senyawa
Dampak Negatif Unsur-Unsur Utama

Hal-hal yang akan kita bahas terkait unsur-unsur golongan utama yaitu :
*). unsur golongan alkali atau golongan IA
*). unsur golongan alkali tanah atau golongan IIA
*). unsur golongan IIIA
*). unsur golongan IVA
*). unsur golongan VA
*). unsur golongan VIA
*). unsur golongan halogen atau golongan VIIA
*). unsur golongan gas mulia atau golongan VIIIA
*). Dampak Negatif Unsur-unsur golongan utama.

       Demikian pembahasan materi Unsur-unsur Golongan Utama. Silahkan teman-teman ikuti link d atas untuk mempelajari unsur-unsur golongan utama secara lebih terperinci. Semoga materi ini bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.