Deret Keradioaktifan

         Blog KoKim - Deret keradioaktifan merupakan kelompok unsur yang terbentuk dari satu nuklida radioaktif yang berturut-turut memancarkan partikel alfa atau partikel beta. Pada setiap pancaran radiasi terbentuk atom dari unsur yang berlainan. Deret ini dimulai dari unsur induk yang meluruh terus menerus membentuk atom baru sehingga akhirnya membentuk atom yang tidak radioaktif.

         Ada tiga deret keradioaktifan alam yaitu deret thorium, deret uranium, dan deret aktinium. Deret thorium dan deret uranium diberi nama sesuai dengan nama anggota yang mempunyai waktu paro terpanjang yaitu berturut-turut $1,39 \times 10^{10}$ dan $4,51 \times 10^9$ tahun. Deret aktinium dimulai dari unsur uranium (U-235) dengan waktu paruh $7,1 \times 10^8$ tahun. Deret keradioaktifan yang keempat adalah deret keradioaktifan buatan yang disebut deret neptunium. Unsur induk deret neptunium adalah neptunium dengan waktu paruh $2,20 \times 10^6$ tahun. Perhatikan tabel berikut:

Contoh: Deret Uranium

Perhatikan juga tabel deret Uranium berikut ini:

       Demikian pembahasan materi Deret Keradioaktifan dan contoh-contohnya. Silahkan juga baca materi lain yang berkaitan dengan Kecepatan Peluruhan dan Waktu Paruh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.