Tatanama Senyawa Keton atau Alkanon

         Blog KoKim - Kita lanjutkan dengan pembahasan materi senyawa karbon yaitu Senyawa Keton atau alkanon, yang secara spesifik membahas Tatanama Senyawa Keton atau Alkanon. Keton atau alkanon merupakan gugus fungsi yang mengandung gugus karbonil (C = O) yang diikat oleh dua gugus alkil. Perhatikan tabel beberapa contoh senyawa keton berikut ini:
Dari tabel tersebut terlihat bahwa gugus karbonil (-CO-) mengikat dua gugus alkil (R) yang sama atau tidak sama, sehingga senyawa keton mempunyai rumus umum C$_n$H$_{2n}$O dengan rumus struktur:
dimana R dan R' adalah gugus alkil.

         Senyawa keton yang banyak dijumpai adalah aseton atau propanon atau dimetil-keton. Tahukah kalian Aseton ditemukan dalam tubuh manusia dengan kemolaran sekitar 1 mg per 100 mL darah. Senyawa ini terbentuk disebabkan kurang sempurnanya oksidasi asam lemak selama metabolisme lemak. Lemak merupakan penyusun penting dari jaringan tumbuhan dan hewan. Pada orang yang menderita penyakit tertentu, seperti kencing manis (diabetes mellitus), kemolaran aseton dalam tubuh bisa lebih tinggi dari 1 mg per 100 mL darah. Aseton diekskresikan di urine, di mana keberadaannya mudah dideteksi.

         Untuk lebih memahami mngenai senyawa-senyawa keton mari kita bahas mengenai: tatanama senyawa keton, sifat fisika dan sifat kimia senyawa keton serta pembuatan senyawa keton, kegunaan senyawa keton dalam kehidupan sehari-hari dan keisomeran senyawa keton.

Tatanama Senyawa Keton atau Alkanon
Ada dua cara pemberian nama alkanon (keton), yaitu cara trivial dan sistem IUPAC.
*). Cara Trivial
       Menyebut dulu gugus alkil yang terikat pada atom C gugus karbonil kemudian diikuti kata keton. Penyebutan gugus alkil mengikuti urutan abjad.
Contoh:

*). Sistem IUPAC
a). Menentukan rantai induk, yaitu rantai atom C terpanjang yang mengandung gugus karbonil
b). Memberi nomor dari salah satu ujung sehingga atom C pada gugus karbonil mendapat nomor terkecil.
c). Urutan penamaan:
       - Nomor cabang
       - Nama cabang
       - Nomor atom C gugus karbonil
       - Nama rantai induk (alkanon)
Contoh:

       Demikian pembahasan materi Tatanama Senyawa Keton atau Alkanon dan contoh-contohnya. Silahkan juga baca materi lain yang berkaitan dengan senyawa keton yaitu materi sifat-sifat dan pembuatan keton.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.