Sifat-sifat Senyawa Ester

         Blog KoKim - Setelah sebelumnya kita mempelajari materi "tatanama senyawa ester", maka pada artikel ini kita lanjutkan dengan membahas Sifat-sifat Senyawa Ester. Seperti biasanya untuk jenis-jenis senyawa karbon lainnya, senyawa ester juga memiliki sifat-sifat baik secara fisika maupun secara kimia. Langsung saja kita bahas submateri pertama yaitu sifat senyawa ester secara fisika.

Sifat Fisika senyawa ester
1). Molekul ester bersifat polar.
2). Titik didih ester terletak antara keton dan eter dengan massa molekul relatif yang hampir sama.
3). Ester dengan massa molekul relatif rendah larut dalam air.
4). Ester dengan sepuluh karbon atau kurang berupa cairan yang mudah menguap dan baunya enak seperti buah-buahan.
Perhatikan sifat-sifat fisika senyawa ester dalam tabel berikut ini:

Sifat Kimia senyawa ester
1). Mengalami reaksi hidrolisis
       Ester merupakan senyawa yang bersifat netral. Biasanya ester mengalami reaksi kimia di gugus alkoksi (- OR') digantikan oleh gugus yang lain. Hidrolisis dipercepat dengan adanya asam atau basa. Hidrolisis dalam suasana asam merupakan kebalikan dari esterifikasi. Ester direfluk dengan air berlebih yang mengandung katalis asam yang kuat. Reaksi yang terjadi merupakan reaksi kesetimbangan, sehingga reaksi tidak pernah berhenti.

       Jika suatu basa (NaOH atau KOH) digunakan untuk menghidrolisa ester maka reaksi tersebut sempurna. Asam karboksilat dilepaskan dari kesetimbangan dengan mengubahnya menjadi garam. Garam organik tidak bereaksi dengan alkohol sehingga reaksi tersebut merupakan reaksi tidak dapat balik.

       Reaksi hidrolisis ini digunakan untuk menghidrolisa lemak atau minyak guna menghasilkan gliserol dan suatu garam (sabun). Reaksi ini lebih dikenal dengan reaksi saponifikasi. Contoh:

2). Mengalami reaksi reduksi
Reaksi reduksi suatu ester menghasilkan alkohol.

       Demikian pembahasan materi Sifat-sifat Senyawa Ester dan contoh-contohnya. Silahkan juga baca materi lain yang berkaitan dengan senyawa ester yaitu pembuatan, kegunaan, dan keisomeran senyawa ester.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.