Sifat-sifat Senyawa Benzena

         Blog KoKim - Pembahasan materi senyawa benzena berikutnya adalah tentang Sifat-sifat Senyawa Benzena. Sifat-sifat senyawa benzena dibagi menjadi dua yaitu sifat fisika dan sifaat kimia. Sebelumnya juga telah kita pelajari materi yang terkait dengan senyawa benzena yaitu "struktur senyawa benzena" dan "tatanama senyawa benzena". Langsung saja kita bahas sifat-sifat senyawa benzena satu persatu berikut ini.

1. Sifat fisik senyawa benzena
Benzena mempunyai titik didih dan titik leleh yang khas, perhatikan tabel titik didih dan titik leleh beberapa senyawa benzene berikut ini:

       Dari tabel di atas dapat dilihat bahwa $p$-xilena mempunyai titik leleh yang lebih tinggi daripada $o$-xilena atau $m$-xilena. Titik leleh yang tinggi merupakan sifat khas benzene substitusi karena pada bentuk $p$ isomer lebih simetris dan dapat membentuk kisi kristal yang lebih teratur dan lebih kuat daripada bentuk orto atau meta.

2. Sifat kimia senyawa benzena
Benzena tidak dapat mengalami reaksi adisi, tetapi mengalami reaksi substitusi. Reaksi substitusi yang terjadi adalah seperti berikut.
a. Halogenasi
Halogenasi ini dicirikan oleh brominasi benzena dengan katalis FeBr$_3$. Peranan katalis ini adalah membelah ikatan Br-Br. Perhatikan reaksi halogenasi pada benzena berikut:

b. Nitrasi
Reaksi nitrasi terjadi jika benzena diolah dengan HNO$_3$ dengan katalis H$_2$SO$_4$. Reaksi yang terjadi adalah seperti berikut.

c. Alkilasi
Alkilasi sering disebut juga dengan Friedel - Crafts. Reaksi ini menggunakan katalis AlCl$_3$. Reaksi ini dikembangkan oleh ahli kimia Perancis Charles Friedel dan James Crafts. Perhatikan reaksi alkilasi 2 kloro propana dengan benzene dengan katalis AlCl$_3$ (reaksi Friedel - Crafts).

d. Sulfunasi
Reaksi sulfunasi suatu benzena dengan asam sulfat berasap menghasilkan asam benzena sulfonat. Perhatikan reaksi sulfunasi berikut.

       Demikian pembahasan materi Sifat-sifat Senyawa Benzena dan contoh-contohnya. Silahkan juga baca materi lain yang berkaitan dengan seneyawa benzena yaitu Pembuatan dan Kegunaan senyawa benzena.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.