Sifat-sifat dan Pembuatan Alkuna

         Blog KoKim - Pada artikel ini kita akan membahas materi Sifat-sifat dan Pembuatan Alkuna yang merupakan kelanjutan dari pembahasan senyawa alkuna. Sifat-sifat alkuna dibagi menjadi dua yaitu sifat fisis dan sifat kimia. Setelah membahas kedua sifat tersebut, kita akan lanjutkan pada pembuatan alkuna. Langsung saja materinya berikut ini.

Sifat-sifat Senyawa alkuna
1). Sifat Fisis
      Sifat fisis alkuna sama dengan sifat fisis alkana maupun alkena. Alkuna sangat sukar larut dalam air tetapi larut di dalam pelarut organik seperti karbontetraklorida. Massa jenis alkuna sama seperti alkana dan alkena lebih dari air. Berdasarkan titik didihnya, tiga senyawa alkuna terpendek berwujud gas. Perhatikan tabel berikut:

2). Sifat Kimia (Reaksi Alkuna)
      Reaksi- reaksi pada alkuna mirip dengan alkena, hanya berbeda pada kebutuhan jumlah pereaksi untuk penjenuhan ikatan rangkap. Alkuna membutuhkan jumlah pereaksi dua kali kebutuhan pereaksi pada alkena untuk jumlah ikatan rangkap yang sama.
Contoh: Reaksi penjenuhan etena oleh gas hidrogen
$\begin{array}{ccc} CH_2 = CH_2 & + H_2 \rightarrow & CH_3 - CH_3 \\ \text{etena} & & \text{etana} \end{array} $

Bandingkan dengan reaksi penjenuhan etuna dengan gas hidrogen!
$\begin{array}{cc} CH \equiv CH + H_2 \rightarrow CH_2 = CH_2 & \\ CH_2 = CH_2 + H_2 \rightarrow CH_3 - CH_3 & + \\ \hline CH \equiv CH + 2H_2 \rightarrow CH_3 - CH_3 \end{array} $

Pembuatan Senyawa Alkuna
Senyawa alkuna dapat dibuat dari reaksi eliminasi dihalogen alkana

       Senyawa alkuna yang paling sering dijumpai di alam adalah gas etuna/gas asetilena/gas karbid. Gas berbau khas yang biasa digunakan oleh tukang las adalah senyawa dari alkuna yang disebut etuna atau asetilena yang sehari-hari disebut gas karbit. Gas ini dihasilkan dari reaksi antara karbit (CaC$_2$) dengan air. Persamaan reaksinya ditulis:

       Jika etuna direaksikan dengan oksigen akan menghasilkan kalor yang sangat tinggi sehingga dapat melelehkan besi pada proses pengelasan. Persamaan reaksinya:

       Gas yang dihasilkan pada reaksi batu karbid dengan air berbau tidak sedap (bau busuk) karena adanya gas fosfin (PH$_3$) yang mencampuri gas asetilena. Gas asetilena sendiri mempunyai aroma sedikit harum. Gas fosfin selain berbau busuk juga memiliki sifat racun. Adapun sifat-sifat gas etuna/asetilena adalah sebagai berikut:











       Demikian pembahasan materi Sifat-sifat dan Pembuatan Alkuna dan contoh-contohnya. Silahkan juga baca materi lain yang berkaitan dengan senyawa hidrokarbon yaitu Senyawa Poliena Alkadiena dan Alkatriena.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.