Senyawa Poliena Alkadiena dan Alkatriena

         Blog KoKim - Setelah memepelajari beberapa senyawa hidrokarbon seperti senyawa alkana, senyawa alkena, dan senyawa alkuna, kita lanjutkan lagi membahas senyawa hidrokarbon lainnya yaitu Senyawa Poliena Alkadiena dan Alkatriena. Berikut kita bahas masing-masing yaitu alkadiena dan alkatriena.

         Alkadiena merupakan senyawa hidrokarbon alifatik tak jenuh dengan dua ikatan rangkap (di: dua, -ena: rangkap). Alkadiena dengan rumus umum C$_n$H$_{2n-2}$ merupakan isomer gugus fungsi dengan senyawa alkuna, sikloalkena, dan dua siklis. Sikloalkena merupakan senyawa hidrokarbon siklik dengan satu ikatan rangkap.

         Alkatriena merupakan senyawa hidrokarbon alifatik tak jenuh dengan tiga ikatan rangkap (tri : tiga). Rumus umum senyawa alakatriena adalah C$_n$H$_{2n-4}$. Pemberian nama senyawa alkadiena dan senyawa alkatriena pada dasarnya sama dengan senyawa alkana dengan menggantikan akhiran -ana dengan -diena atau -triena dengan pemberian nomor rantai karbon dimulai dari yang paling dekat dengan ikatan rangkap.

Sebagai contoh perhatikan struktur senyawa hidrokarbon berikut:
$ CH_2 = CH - CH = CH_2 \, \, \, \, \, \, \text{1,4-pentadiena} $
$ CH_2 = CH - CH = CH - CH = CH_2 \, \, \, \, \, \, \text{1,3,5-heksatriena} $

       Demikian pembahasan materi Senyawa Poliena Alkadiena dan Alkatriena serta contohnya. Silahkan juga baca materi lain yang berkaitan dengan senyawa hidrokarbon yaitu Keisomeran senyawa alkana, alkena dan alkuna.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.