Senyawa Kimia Karbon

         Blog KoKim - Kenalkah kalian dengan benda-benda yang terpampang dalam gambar di bawah ini? Apa kegunaannya masing-masing? Benda-benda tersebut tentunya sudah sering kalian lihat atau bahkan kalian gunakan sehari-hari. Semuanya merupakan produk senyawa yang berasal dari senyawa organik atau senyawa karbon. Apakah yang dimaksud dengan senyawa karbon? Bermacam-macamkah ia sehingga bermacam-macam pula produk yang dihasilkannya? Bagaimana kita bisa mengetahui bahwa suatu bahan adalah senyawa karbon? Dalam artikel Senyawa Kimia Karbon ini kita akan menemukan jawabannya.

         Lebih dari sejuta senyawa terdiri atas gabungan karbon, hidrogen, oksigen, nitrogen atau beberapa unsur tertentu. Keseluruhan senyawa tersebut merupakan bagian dari kimia organik. Pada mulanya kimia organik hanya melibatkan senyawa yang diturunkan dari makhluk hidup. Makhluk hidup dianggap mempunyai "tenaga gaib" (vital force) yang diperlukan dalam sintesis senyawa organik. Pada tahun 1928, Friedrich Wohler (ahli kimia Jerman) berhasil mensintesis urea. Urea merupakan penyusun air seni dan dapat diperoleh dengan cara memanaskan amonium sianat, yang dianggap sebagai zat anorganik.

         Sifat dan struktur senyawa karbon ditentukan oleh adanya perbedaan gugus fungsi yang dimiliki. Senyawa karbon dengan beberapa gugus fungsi yang berbeda merupakan turunan dari alkana yang disajikan dalam Tabel berikut ini:

       Demikian pembahasan materi Senyawa Kimia Karbon dan contoh-contohnya. Silahkan juga baca materi lain yang berkaitan senyawa karbon yaitu tatanama senyawa karbon.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.