Kegunaan Hidrokarbon dalam Bidang Perdagangan

         Blog KoKim - Berbagai produk industri banyak diperdagangkan untuk berbagai keperluan sehari-hari misalnya barang-barang dari plastik, pupuk, pestisida, detergen, karet sintetis, dan obat-obatan. Semua bahan ini dibuat dari zat-zat kimia yang diolah di pabrik secara besar-besaran. Senyawa apa yang digunakan untuk membuat produk tersebut? Pada artikel ini kita akan membahas Kegunaan Hidrokarbon dalam Bidang Perdagangan.

Coba perhatikan bagan proses pembuatan berbagai jenis plastik berikut:

         Pada bagan tersebut dapat dilihat bahwa plastik ternyata ada yang bahan dasarnya gas metana, etena, dan propena. Plastik yang paling banyak produknya adalah politena atau poletilena. Pembuatannya melalui proses polimerisasi adisi, yaitu penggabungan monomermonomer etena yang berikatan rangkap dan berwujud gas sehingga terbentuk polimer yang ikatan antara C dan C nya tunggal dan berwujud padat.

Contoh pembentukan polimernya:

Sebenarnya ada lagi jenis plastik lain yang bahan dasarnya metana, etena, propena, dan benzena, contohnya tertera pada Tabel berikut:

Sedangakan produk industry lain dalam perdagangan yang berbahan senyawa hidrokarbon tertera pada tabel berikut ini:

       Sebetulnya obat sudah ditemukan sejak dulu. Dahulu obat dibuat dari bahan alami, misalnya akar tanaman dan daun. Sekitar tahun 1800 obat-obatan dari senyawa kimia mulai diproduksi, misalnya ahli kimia Perancis Charles Frederie Gerhard tahun 1853 membuat aspirin sebagai penahan sakit dengan struktur kimia seperti gambar berikut ini:

Bahan dasar aspirin dapat berupa etena dan benzena. Tahun 1950 diproduksi lagi obat penahan sakit yaitu paracetamol. Sampai saat ini paracetamol banyak digunakan.

       Demikian pembahasan materi Kegunaan Hidrokarbon dalam Bidang Perdagangan dan contoh-contohnya. Silahkan juga baca materi lain yang berkaitan dengan Kegunaan Hidrokarbon dalam Bidang seni dan estetika.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.