Konsentrasi Larutan Secara Umum

         Blog KoKim - Sebelum kita membahas mengenai konsentrasi larutan dan macam-macamnya, perlu kita pahami mengenai pengertian larutan itu sendiri dan juga konsentrasinya.

         Larutan adalah campuran homogen dari zat terlarut dan zat pelarut. Zat terlarut itu sendiri biasanya berfasa padat dan gas, sedangkan pelarut berfasa cair. Konsentrasi adalah banyaknya zat terlarut yang larut dalam zat pelarut. Konsentrasi larutan dapat dinyatakan dalam:

*). molaritas ($M$)
*). molalitas ($m$)
*). fraksi mol ($X$)
*). persen berat/persen massa ($\%b = \%m$)
*). persen volum ($\%v$)
*). ppm/bpj
*). berat jenis ($\rho$)

       Tentunya kita sudah tidak asing lagi dengan satuan-satuan konsentrasi larutan tersebut. Meskipun sangat jarang sekali di Sekolah Menengah Atas membahas tentang bab ini, atau bahkan hanya membahas asal kena saja, tapi akan dijelaskan mengenai konsentrasi larutan secara lebih mendalam agar dapat dipahami secara seksama. Karena tidak jarang satuan-satuan ini akan muncul di soal-soal bab lain yang tidak mungkin dijelaskan pada bab tersebut. Berikut beberapa contoh konsentrasi larutan yang tertera pada kemasan botol bahan kimia:

       Bagaimana cara memahami satuan konsentrasi pada yang tertera di botol tersebut? Untuk memahami satuan konsentrasi larutan tersebut dengan baik, mari kita ikut link berikut untuk mempelajarinya lebih terperinci lagi. Link nya yaitu : molaritas ($M$), molalitas ($m$), fraksi mol ($X$), persen berat/persen massa ($\%b = \%m$), persen volum ($\%v$), ppm/bpj, dan berat jenis ($\rho$).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.