Hukum Perbandingan Berganda atau Hukum Dalton

         Blog KoKim - Pada artikel ini kita akan membahas Hukum Perbandingan Berganda atau Hukum Dalton . Dua unsur dapat membentuk lebih dari satu macam senyawa. Misalnya unsur karbon dengan oksigen dapat membentuk karbon monoksida dan karbon dioksida. John Dalton (1766-1844) mengamati adanya suatu keteraturan perbandingan massa unsur-unsur dalam suatu senyawa. Berdasarkan percobaan yang dilakukan Dalton diperoleh data sebagai berikut:

Perbandingan nitrogen dalam senyawa nitrogen dioksida dan nitrogen monoksida: $ \frac{1,75}{0,85} = \frac{2}{1} $ .
Beberapa unsur dapat membentuk senyawa dengan berbagai perbandingan, misalnya karbon dengan oksigen dapat membentuk karbon monoksida dan karbon dioksida dengan rumus CO dan CO2. Pada suatu penelitian, didapat data sebagai berikut:

       Dari data ternyata perbandingan massa oksigen yang terikat oleh karbon dengan massa yang sama yaitu 1 : 2. Perbandingan ini merupakan perbandingan yang sederhana. Perbandingan massa oksigen pada CO dan CO2 dapat diilustrasikan seperti Gambar berikut :

Berdasarkan hasil percobaan tersebut, Dalton menyimpulkan bahwa:

       Demikian pembahasan materi Hukum Perbandingan Berganda atau Hukum Dalton dan contohnya. Silahkan juga baca materi lain yang berkaitan dengan hukum dasar kimia yaitu hukum perbandingan volume.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.