Konfigurasi Elektron pada SPU

         Blog KoKim - Konfigurasi elektron merupakan susunan elektron-elektron dalam kulit-kulit atau subkulit-subkulit. Konfigurasi elektron berfungsi untuk memudahkan dalam penentuan periode dan golongan, khususnya golongan utama (A). Pada artikel ini kita akan membahas Konfigurasi Elektron pada SPU (Sistem Periodik Unsur) beserta contohnya.

         Pengisian elektron dimulai dari tingkat energi (kulit) yang paling rendah yaitu kulit K. Tiap kulit maksimum mampu menampung $2n^2$ elektron, $n$ adalah nomor kulit.
Kulit K ($n = 1$) maksimum menampung elektron $2 \times 1^2 = 2$.
Kulit L ($n = 2$) maksimum menampung elektron $2 \times 2^2 = 8$.
Kulit M ($n = 3$) maksimum menampung elektron $2 \times 3^2 = 18$.
Kulit N ($n = 4$) maksimum menampung elektron $2 \times 4^2 = 32$.
dan seterusnya.

Contoh:
*). $_3$Li
- Kulit K maksimum 2 elektron
- Kulit L sisanya 1
- Distribusinya: 2, 1

*). $_{20}$Ca
- Kulit K maksimum 2 elektron.
- Kulit L maksimum 8 elektron.
- Kulit M diisi 8 elektron.
pengisian kulit M diperoleh dari : Jumlah elektron sisa = 20 - (2 + 8) = 10 merupakan jumlah antara 8 (jumlah maksimum kulit L) dan 18 (jumlah maksimum kulit M) maka diisikan 8 elektron.
- Kulit N sisanya 2 elektron.
- Distribusinya: 2, 8, 8, 2

*). $_{56}$Ba
- Kulit K maksimum 2 elektron.
- Kulit L maksimum 8 elektron.
- Kulit M maksimum 18 elektron.
- Kulit N diisi 18 elektron.
pengisian kulit N diperoleh dari : Jumlah elektron sisa = 56 - (2 + 8 + 18) = 28, merupakan jumlah antara 18 (jumlah maksimum kulit M) dan 32 (jumlah maksimum kulit N), maka diisikan 18 elektron.
- Kulit O diisi 8 elektron. (Seperti pada kulit M konfigurasi Ca).
- Kulit P sisanya 2 elektron.
- Distribusinya: 2, 8, 18, 18, 8, 2

1. Konfigurasi elektron pada kation dan anion
       Kation adalah ion positif, terjadi kalau atom unsur melepas elektron. Berikut ini adalah tabel contoh-contoh konfigurasi elektron pada kation.

       Sedangkan anion adalah ion negatif, terjadi jika atom netral menangkap elektron. Berikut ini adalah tabel contoh-contoh konfigurasi elektron pada anion.

2. Elektron valensi
       Elektron valensi adalah banyaknya elektron pada kulit terluar suatu atom unsur. Penentuan elektron valensi suatu unsur dapat dilihat pada tabel berikut ini.

3. Penentuan Golongan A dan periode
       Penentuan golongan A unsur dalam Tabel Periodik dapat dilakukan dengan cara menetapkan elektron valensi. Sedangkan penentuan periode dilakukan dengan cara menetapkan jumlah kulit yang sudah terisi elektron atau mencari nomor kulit ($n$) terbesar yang terisi elektron atau kulit terluarnya.
Berikut tabel contoh penentuan golongan dan periode:

       Demikian pembahasan materi Konfigurasi Elektron pada SPU dan contoh-contohnya. Silahkan juga baca materi lain yang berkaitan dengan sistem periodik unsur yaitu Mengenal Tabel Periodik Unsur Modern.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.